Bangun Desa Jangan Hanya Handalkan Uang Negara

Martinus Paton

MELAWI, SKR.COM – Untuk mempercepat proses pembangunan disuatu desa tentu tidak hanya bisa menghandalkan dukungan dari pemerintah, tapi bagaimana Pemerintah Desa memberdayakan masyarakatnya untuk bisa ikut serta berperan membangun desanya, seperti melalui kegiatan kerja gotong royong.

Warga Desa Merah Arai, Kecamatan Pinoh Utara, Martinus Paton mengatakan, dalam membangun desa memang jangan hanya menghandalkan uang Negara, tapi juga harus banyak berdayakan masyarakat dalam gotong royong.

“Sebab kalau menghandalkan uang negara dan semuanya harus menunggu kebijakan pemerintah, bagaimana desa bisa menjadi desa yang mandiri seperti yang diharapkan oleh pemerintah pusat,” ungkapnya, kemarin.

Paton mencontohkan seperti jalan-jalan disekitar pemukiman, apabila jalan tersebut rusak tentunya jangan harus menunggu Pemda yang ngurus sampai ke desa, itu gunanya ada pemimpin di desa.

“Jangan cuma bisa mengelola uang Negara, tapi bagaimana cara membantu Pemda dengan mengajak masyarakat kerja gotong royong,” ujarnya.

Ia berharap kepada para Kepala Desa suapaya tidak hanya sekedar mampu mengelola adminsitrasi desa, tapi juga harus mampu membangun sinergisitas dengan masyarakat desa dan Pemda.

“Sehingga pembangunan yang sifatnya mendesak dan sangat dibutuhkan masyarakat desa tidak harus menunggu Pemda yang turun tangan mengatasi persoalan yang ada di desa,” ucapnya.

Karena bagaimanapun kata Paton, seorang Kepala Desa sudah sudah memiliki wewenang pemerintah atas untuk mengurus rakyat di desanya. Apalagi zaman sekarang Kades tidak hanya sekedar memiliki kewenangan tapi juga sudah punya uang yang bisa dikelola untuk membangun desanya.

“Tidak lama lagi akan digelar Pemilihan Kepala Desa serentak, karena itu masyarakat juga harus selektif memilih pemimpin didesanya jangan sampai hanya memilih pemimpin yang punya pendidikan formal tapi dia juga harus bisa membawa masyarakat kepada kemajuan didesanya,” pungkasnya. (Edi)

 

Posting Terkait