www.suarakapuasraya.com

Terdepan dalam Informasi

Beri Pelayanan Kesehatan, Satgas Pamtas Terima Senjata Rakitan

Beri Pelayanan Kesehatan, Satgas Pamtas Terima Senjata Rakitan

PONTIANAK – Satgas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia kembali terima senjata api rakitan oleh masyarakat perbatasan yang diserahkan secara sukarela. Hal ini diperoleh dari kegiatan pembinaan teritorial (Binter) di wilayah perbatasan. Dikatakan Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos, di Media Center Kodam XII/Tpr, Jumat (15/3/19)

Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos, jug mengatakan berdasarkan laporan dari Dansatgas Yonif M 643/Wns, Mayor Inf Agung Prihanto, senjata rakitan tersebut diserahkan sukarela oleh saudara Leonardus Baringan (34) yang tinggal di Desa. Sei Dangin, Rt 003/001, Kec. Noyan, Kab. Sanggau.

Perlahan tapi pasti, kedekatan prajurit Satgas Yonif M 643/Wns dengan masyarakat Perbatasan melahirkan rasa kepercayaan dan persaudaraan yang tinggi, sehingga membuat mereka makin percaya, keberadaan prajurit yang bertugas di daerahnya adalah bagian dari keluarga mereka, ucap Kapendam XII/Tpr.

Kapendam menjelaskan kronologi penyerahan senpi tersebut, bermula dari anggota Pos Sungai Daun Dpp Sertu Yoga beserta anggotanya yang saat itu sedang melaksanakan patroli kesehatan Door too Door ke Desa. Sungai Dangin, kemudian sesudah sampai di Desa tersebut menemukan seorang warga yang sedang sakit. Setelah dilaksanakan pertolongan dan pengobatan, salah seorang dari keluarga yang sakit tersebut bercerita bahwa ada warga yang masih memiliki dan menyimpan senjata api rakitan untuk berburu. Selanjutnya setelah pengobatan selesai Sertu Yoga dan anggotanya kembali menuju Pos Sei Daun untuk melaporkan hal tersebut kepada Lettu Inf Debri Wahyu Pranoto, S.T.Han, sebagai Komandan SSK 3.

Lanjutnya, dua orang anggota Pos Koki Dpp Danki SSK 3, Lettu Inf Debri Wahyu Pranoto, S.T Han mendampingi Sertu Yoga melaksanakan kegiatan Patroli Kesehatan D2D kembali dan melakukan pendekatan khusus kepada saudara Leonardus melalui pelayanan kesehatan dan jaminan rasa aman. Disela perbincangannya saudara Leonardus menyampaikan bahwa dirinya mengaku memiliki senjata rakitan dan akan menyerahkan senjata tersebut dengan sukarela kepada Pos Koki Sei Daun Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns dengan harapan Satgas Pamtas bisa berlanjut memberikan rasa aman dan Pelayanan Kesehatan kepada Masyarakat khususnya di Wilayah perbatasan.

Esoknya, Saudara Leonardus mendatangi Pos Koki Sei Daun Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns dengan membawa dua pucuk senjata rakitan laras panjang untuk diserahkan ke Pos secara ikhlas dan sukarela. Penyerahan Senjata Rakitan tersebut diterima langsung oleh Lettu Inf Debri Wahyu Pranoto, S.T Han sebagai Danki SSK 3.

“Untuk saat ini ke dua pucuk senjata rakitan laras panjang tersebut telah diamankan di Pos Koki Sei Daun Satgas Yonif 643/Wns, akan diserahkan ke Kotis sebagai barang bukti dan sebagai bahan laporan ke Komando Atas.

Ditambahkan Kapendam XII/Tpr, dengan pembinaan teritorial yang lebih mengedepankan pendekatan sosial kemanusiaan dan kesejahteraan yang dilakukan Satgas Pamtas masyarakat mulai sadar dan mengerti tentang hukum serta pentingnya keamanan, ketertiban dilingkungannya, sehingga dengan secara sukarela menyerahkan senjata yang dimiliki kepada Satgas Pengaman Perbatasan,”pungkas Kapendam XII/Tpr. (Pdm)

Subscribe

No Responses

Comments are closed.