Bina Sentra Penghasil Sayur

SINTANG, SKR – Anggota DPRD Sintang, Kusnadi mendukung pemerintah untuk membina sentra sentra atau daerah penghasil sayur di Bumi Senentang. Daerah penghasil sayur sendiri tersebar di sejumlah kecamatan seperti Sungai Tebelian, Kecamatan Sintang, Kecamatan Binjai Hulu dan banyak daerah lainnya.

“Banyak daerah bisa dijadikan sentra sayur. Bahkan banyak yang bisa dikatakan sudah menjadi sentra penghasil sayur di Kabupaten Sintang. Saya yakin jika dimanfaatkan dengan optimal oleh pemerintah, kemudian dibina oleh pemerintah, maka hasilnya bisa maksimal. Hasil panen meningkat sehingga mampu memunuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

“Saya juga mendorong agar masyarakat petani melakukan pola pada pertanian multikultur, tidak hanya fokus pada satu komoditi. Ketika bertani, ada baiknya komoditas yang ditanam juga beraneka ragam. Supaya ketika ada kendala pada salah satu komoditi, masyarakat petani masih bisa panen pada komoditas yang lain. Jadi tetap bisa berpenghasilan walaupun ada komoditas gagal panen. Memang pertanian monokultur memang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dengan melakukan pertanian monokultur, maka petani akan lebih fokus pada satu komoditi hingga hasilnya juga akan lebih banyak. Tapi kelemahannya juga ada, seperti yang saya sampaikan tadi, misalnya ada tanaman yang ditanam terserang hama yang berimbas pada gagal panen, maka petani tidak punya alternatif lain,” katanya.

Karena, kata Kusnadi, ketika gagal panen, gagal pula dapat penghasilan. Lain halnya jika lahan yang ada ditanam berbagai jenis sayuran, petani tetap bisa panen meski ada komoditas lain yang tidak tumbuh subur atau tidak berkualitas baik. “Kita sangat mendukung upaya masyarakat mengembangkan pertanian. Tapi pemerintah juga harus mendukung dan melakukan pembinaan,” pungkasnya.

 

Posting Terkait