www.suarakapuasraya.com

Terdepan dalam Informasi

DAD Sekadau Gelar Tolak Bala

DAD Sekadau Gelar Tolak Bala
Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sekadau menggelar ritual Tolak Bala di Betang Youth Center

SEKADAU, SKR.COM – Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sekadau menggelar ritual Tolak Bala di Betang Youth Center, Jum’at lalu.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Sekadau, Kapolres, Pabung Kodim 1204, serta berbagai paguyuban sub suku Dayak yang ada di Sekadau.

Ketua DAD Sekadau, Welbertus Willy mengatakan, Tolak Bala merupakan bentuk kepercayaan dan tradisi masyarakat Dayak. Ritual ini ditujukan untuk menghalau segala mara bahaya .

“Akhir-akhir ini banyak kejadian yang membuat resah masyarakat, misalnya ketuk pintu misterius, penemuan mayat, yang membuat masyarakat resah beraktivitas. Kita percaya ritual ini mudah-mudahan dapat membuat tenteram kembali. Dulu juga waktu persiapan pemekaran Kabupaten Sekadau dilakukan ritual seperti ini,” ujar Willy.

Kapolres Sekadau AKBP Yury Nurhidayat mengapresiasi inisiatif DAD. Menurutnya, hal tersebut merupakan bentuk kecintaan masyarakat terhadap Kabupaten Sekadau.

Bupati Sekadau, Rupinus juga mendukung upaya apapun yang bertujuan baik untuk Kabupaten Sekadau. Ia pun mempersilahkan pihak-pihak lain jika ingin melaksanakan kegiatan serupa.

“Karena menjaga Kabupaten Sekadau tercinta merupakan tanggungjawab kita semua,” kata Rupinus.

Ritual Tolak Bala dilakukan dengan tata cara sub suku Dayak Ketungau. (Benny)

No Responses

Comments are closed.