Dadi: TMMD di Melawi Sangat Bersinergi Dengan Visi Pembangunan di Melawi

58

MELAWI, SKR.COM – Program TMMD yang dilaksanakan oleh Kodim 1205/Sintang ikut mempercepat pembangunan di Kabupaten Melawi. Melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dapat memajukan pembangunan masyarakat, dan bersinergi dengan visi pembangunan Kabupaten Melawi.

Hal itu disampaikan Wabup Melawi, Dadi Sunarya, saat kunjungan kerja Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD Reguler 103 tahun 2018 dari Mabes TNI AD Jakarta di rumah Jabatan Bupati Melawi, kemarin malam. Tim Wasev TMMD yang dipimpin Brigjen TNI F. S. Multhazar beserta rombongan disambut pemerintah setempat sekaligus digelar acara ramah tamah perkenalan ini dihadiri antara lain Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, Sekda Melawi Ivo Titus Multono, pimpinan SKPD, Camat, Kepala Desa dan sejumlah pejabat dan perwakilan elemen masyarakat dilingkungan Pemkab Melawi.

“Terima kasih kepada jajaran TNI, yang telah bersinergi dengan Pemkab Melawi melaksanakan pembangunan fisik maupun non fisik dilokasi TMMD. Kami sangat mengapresiasi seluruh program yang sedang dilaksanakan berjalan lancar dan baik bergotong royong dengan warga,” ujar Wabup.

Sementara itu, Brigjen TNI F. S. Multhazar menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Pemkab Melawi atas sambutan dan acara ramah tamah yang dilakukan, utamanya sebagai perkenalan dan silaturahmi.

Brigjen TNI F. S. Multhazar, sebagai Pati Staf Khusus Kasad itu mengungkapkan, bahwa pelaksanaan TMMD ke-103 oleh Kodim 1205/Sintang sudah sesuai dengan rencana awal pihaknya. Dikesempatan itu Multhazar menyampaikan kepada seluruh masyarakat, agar terus memupuk dan meningkatkan nilai-nilai gotong royong yang sudah dibangun melalui program TMMD. “Kami berharap program TMMD bermanfaat bagi rakyat dan dipelihara, utamanya membantu pemerintah setempat meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Keesokan harinya Tim Wasev TNI TMMD dari Mabes TNI AD yang dipimpin oleh Brigjen TNI F. S. Multhazar, didampingi Bupati Melawi, Panji, meninjau langsung program pelaksanaan kegiatan Satuan Tugas (Satgas) TMMD Reguler Ke-103 tahun 2018 wilayah Kodim 1205/Sintang yang dipusatkan di Desa Tanjung Paoh dan Desa Tanjung Arak, Kecamatan Pinoh Utara, Kabupaten Melawi.

Selain melakukan peninjauan sasaran fisik TMMD, Brigjen TNI F. S. Multhazar, sebagai Pati Staf Khusus Kasad itu juga menyempatkan ramah tamah dengan warga dilokasi TMMD. Kegiatan ramah tamah ini dipusatkan di Balai Desa Tanjung Paoh sekaligus pemberian bantuan paket Sembako kepada warga setempat.
Ditemui disela-sela peninjauan itu, Multhazar menyebutkan pelaksanaan program TMMD ini cukup baik yang didukung kerja sama antara TNI dan Pemerintah Daerah bersama rakyat, sehingga ada nilai manfaat lebih melalui sasaran fisik TMMD yang membuka jalur jaringan tranportasi dan komunikasi, dan arus prekonomian kedepan akan lebih baik.

Secara umum kata Multhazar, TMMD melaksanakan dua program kegiatan yaitu bidang fisik dan non fisik. Diterangkan, kegiatan fisik seperti pembangunan adalah landasan pertama untuk penguatan dengan Pemerintah Daerah setempat dan kegiatan non fisik bertujuan membina mental masyarakat untuk mencintai dan membangun wilayahnya meningkatkan kesejahteraan untuk kepentingan bangsa dan negara kedepannya.

Dikesempatan itu Multhazar menegaskan tujuan utama sasaran program kegiatan TMMD adalah mempercepat terbukanya suatu daerah dan mempercepat terjadinya peningkatan sumber daya masyarakat untuk tetap bisa mengelola potensi yang ada menjadi kekuatan didaerahnya.

Ditempat yang sama, Bupati Melawi, Panji, mengucapkan terima kasih kepada TMMD karena sudah membuat jalan terobosan baru yang menghubungkan Desa Tanjung Paoh dengan Desa Tanjung Arak. Dikatakan Panji, pembukaan jalan ini menjadi dasar untuk peningkatan kedepannya. “Tentu tidak cukup sampai disini, kedepan kita mesti berfikir untuk peningkatan sesuai kemampuan keuangan daerah. Jalan ini masih perlu penimbunan, drainase dan pemasangan barau,” ujar Bupati.

Camat Pinoh Utara, Yusseno, yang juga ikut rombongan peninjauan itu mengatakan pembukaan jalan sekitar 8 kilo meter ini harus dipelihara masyarakat. Yusseno menjelaskan, sebelumnya dasar jalan ini sudah ada mulai dari Dusun Ponal, Desa Tanjung Arak menuju ke Tanjung Paoh hingga ke Sungai Raya, namun karena tidak dirawat, jalan hilang atau tertutup.

“Kita sangat bersyukur dengan adanya program TMMD membuka kembali akses jalan ini. Karena ini merupakan status jalan desa, mulai tahun depan Desa Tanjung Paoh dan Desa Tanjung Arak harus konsentrasi memelihara jalan melakukan peningkatan seperti pembangunan rabat beton,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Desa Tanjung Paoh, Junaidi, menyampaikan apresiasi kepada TNI, bahwa kegiatan TMMD yang dipusatkan di Desa Tanjung Paoh ini azas manfaatnya sudah lama dinantikan masyarakat, terutama dikegiatan fisik pembukaan jalan dan jembatan, maupun kegiatan non fisik.

Junaidi mengungkapkan, khusus pembukaan jalan ini merupakan salah satu jalan poros menuju ibukota kecamatan yang bisa dimanfaatkan warga desa tetangga seperti dari Desa Kompas Raya-Tanjung Paoh-Tanjung Arak-Sungai Raya-Merah Arai. Junaidi berharap kepada Pemerintah Daerah, agar kedepan jalan ini bisa ditingkatkan, karena merupakan jalan poros beberapa desa untuk kelancaran tranportasi dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Ditemui terpisah, Pasiter TMMD Kodim 1205/Sintang menyebutkan, kegiatan fisik sasaran Satgas TMMD melalui kegiatan pembukaaan jalan, pembangunan jembatan dan gorong-gorong sudah mencapai target penyelesaian hingga mencapai 99 persen.

Menurut Gurning, kegiatan tinggal di sasaran non fisik hingga jelang penutupan TMMD pada tanggal 13 November mendatang, seperti penyuluhan narkoba, KB Kes dan pengobatan massal. “Acara penutupan TMMD ini juga digelar hiburan rakyat,” pungkasnya. (DI)