www.suarakapuasraya.com

Terdepan dalam Informasi

Disdukcapil Melawi Himbau Warga Ambil KTP Yang Belum Diambil

Disdukcapil Melawi Himbau Warga Ambil KTP Yang Belum Diambil

MELAWI, SKR.COM – Sekretaris Disdukcapil Melawi, Hamidun menghimbau kepada masyarakat yang sudah melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP el) untuk mengambil KTP nya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). KTP yang belum diambil tersebut merupakan percetakan KTP Elektronik yang sempat tertunda karena keterbatasan blanko.

Dari data terbaru Disdukcapil, dari total 169.579 wajib KTP di Melawi, masih ada 37.054 penduduk yang belum melakukan perekaman. Yang sudah merekam saat ini 132.075 penduduk. Jumlah tersebut terus berubah karena bertambahnya penduduk yang melakukan perekaman setiap harinya serta bertambahnya usia para warga setiap tahun nya.

“Ribuan KTP sudah dicetak namun banyak yang belum diambil. Mulai dari KTP el yang direkam ssejak tahun 2017 hingga akhir tahun 2018. Saat Blanko KTP pun sudah tak lagi terkendala, termasuk tinta printer untuk mencetak KTP el yang kerap menjadi masalah pada tahun-tahun sebelumnya,”katanya saat dihubungi melalui via telepon, Kamis (14/3)

lebih lanjut, Ia mengatakan, bagi warga yang belum melakukan perekaman juga diharapkan bisa segera melakukan perekaman dengan langsung mendapatkan KTP el, bila jaringan di Disdukcapil dalam kondisi baik. “Kalau pun jaringannya bermasalahtidak akan lama, dan paling hanya seminggu menunggu cetakam KTP el nya selesai,” ucapnya.

Hamidun mengatakan, saatini kendala yang dialami sudah teratasi. Yang menjadi kendala hanya banyaknya KTP el milik wargayang belum diambil. Terutama milik warga yang berada jauh dari pusat kota.

“Terutama warga dari desa yang berjarak cukup jauh dari kota Nanga Pinoh. Banyak perekaman yang dilakukan Disdukcapil langsung di desa-desa atau di kecamatan. Alasannya jarak terlalu jauh dan biaya untuk turun ke Nanga Pinoh mahal. sehingga bagi warga yang jauh jaraknya, kita harapkan pemerintah desanya bisa mengambil ke Nanga Pinoh. Kan rata-rata kades sering turun ke Nanga Pinoh. Sehingga bisa meringankan biaya warga untuk turun mengambil KTP di kantor Disdukcapil. dengan begitu KTP ini bisa disampaikan kepada pemiliknya,” pungkasnya. (DI)

Subscribe

No Responses

Comments are closed.