Horeeee…Ini Tanggal Operasionl Bandara Tebelian

120
Bandara Tebelian Sintang, Kalimantan Barat

SINTANG, SKR.COM – Bandara Tebelian saat ini disebut sudah siap beroperasi. Kepastian akan dioperasikan bandara kebanggana orang timur kalbar tersebut disampaiakan Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Sintang, Henri Harahap, kemarin.

“Iya bandara tebelian akan beroperasi 26 April mendatang otomatis bandara Susilo akan distop terhitung 25 Aprli mendatang,” kata Hendri.

Untuk tahap awal, maskapai yang beroperasi di Bandara Tebelian Sintang ini sama dengan di Bandara Susilo, yakni ATR. Hanya rutenya yang dipastikan bertambah.

“Maskapai lebih besar belum beroperasi di awal operasional. Segera menyusul secepatnya,” kata Henri.
Ia memastikan, secara fisik Bandara Tebelian sudah siap dioperasionalkan. Baik sisi darat maupun udara, telah selesai dibangun.

“Bila memang tidak ada perubahan jadwal dari pusat, operasional Bandara Tebelian akan menjadi sarana penting bagi Kabupaten Sintang dan daerah timur Kalbar lainnya,” ucap Henri.
Sementara mengenai teknis operasional penerbangan perdana di Bandara Tebelian Sintang ini, kata Hendri, sepenuhnya ditentukan Kemenhub RI.

“Kepala Daerah di Timur Kalbar juga akan diundang dalam operasional perdana Bandara Tebelian ini,” ucapnya.

Terpisah anggota DPRD Sintang Hardoyo menyambut baik dengan dioprasionalkan bandara tebelian ini. Hardoyo mengatakan dengan dioperasionalkannya Bandara Tebelian maka akan mampu memberikan efek besar bagi pembangunan di kawasan Timur Kalimantan Barat.

“Pengoperasionalannya dinantikan. Bandara Tebelian menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat yang selalu melakukan perjalanan keluar daerah sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga,” ucapnya.

Ia menambahkan, dengan adanya rute Sintang-Jakarta misalnya, akan terbangun efesiensi perjalanan. Iklim investasi bisa tercipta. Pebisnis akan menjadi lebih mudah ke Sintang melalui transportasi udara.

“Kita semua tentu sangat berharap pengoprasian Bandara tebelian tepat waktu. Sehingga manfaatnya segera dirasakan masyarkarat luas,” harapnya.(BN)