Ini Salah Satu Cinta TNI Pada Rakyatnya

119

SANGGAU, SKR.COM – Kemenangan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan Para Pejuang yang dipimpin Panglima Besar Jenderal Soedirman pada pertempuran Ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945 diperingati oleh TNI Angkatan Darat sebagai Hari Juang Kartika. Hal tersebut juga akan diperingati oleh Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, dengan menggelar berbagi macam bentuk peringatan.

Satu diantaranya yang sudah dilaksanakan oleh Kodam XII/Tpr, dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika adalah menggelar kegiatan Karya Bakti di Desa Bagan Asam, Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau.

Karya Bakti yang dilakukan oleh Kodam XII/Tpr merupakan salah satu refleksi menanamkan kembali nilai nilai kepahlawanan yang dilakukan oleh TKR bersama masyarakat mengusir sekutu dari Kota Ambarawa pada waktu itu.

Semangat Kebersamaan tersebut, saat ini diwujudkan oleh Kodam XII/Tpr dan warga Bagan Asam dalam semangat untuk bersama sama membangun wilayah Desa Bagan Asam. Itu dilakukan dengan bekerja bersama sama dalam pembuatan jalan sepanjang 19,8 Km yang mulai sejak 15 Oktober lalu di Desa Bagan Asam.

Prajurit Kodam XII/Tpr bersama masyarakat selalu bergotong royong dalam pengerjaannya. Masyarakat bergilir setiap hari membantu Prajurit Kodam XII/Tpr. Tak kenal lelah dan tanpa pamrih masyarakat Bagan Asam dalam membantu bekerja, seperti yang sudah dilakukan oleh TKR dan pejuang, yang gigih berjuang, selama empat hari empat malam mereka bersama-sama pada pertempuran Ambarawa.

Hingga saat ini, Rabu (14/11/2018) Prajurit Kodam XII/Tpr bersama warga telah berhasil membuka jalan sepanjang 10,33 Km. Itu berarti, separuh harapan masyarakat Bagan Asam untuk bisa memiliki akses jalan darat sudah terwujud, tinggal lebih kurang 9 Km lagi keinginan mereka yang sudah berpuluh tahun untuk terlepas dari keterisoliran itu akan segera tersampaikan.

Ini membuktikan bahwa nilai semangat kebersamaan pada momen Hari Juang Kartika telah berhasil mewujudkan impian dari masyarakat Bagan Asam. (Rls)