www.suarakapuasraya.com

Terdepan dalam Informasi

Input Data Anggota Parpol Sistem SIPOL Tak Ada keluhan

Input Data Anggota Parpol Sistem SIPOL Tak Ada keluhan
Julita, SH

MELAWI, SKR.COM – Ditengah masa pendaftaran partai politik yang akan berlangsung sejak 3 Oktober lalu hingga 16 Oktober mendatang, sejumlah partai masih sibuk melakukan pendataan hingga menyelesaikan proses input data anggota ke dalam sistem informasi partai politik (Sipol). Sejauh inipun, belum ada keluhan dari partai terkait sistem baru ini.

Seperti yang disampaikan salah satu Ketua DPD Partai Berkarya di Melawi, Roni Kasimin. Ia mengungkapkan partainya masih terus melakukan pendataan anggota. “Kalau masalah sampai saat ini belum ada. Kita masih dalam tahapan pendaftaran parpol ke KPU. Sementara ini kita masih persiapkan untuk KTA dan KTP anggota partai Berkarya,” katanya.

Terkait proses input data ke Sipol, Roni juga mengakui belum menemukan adanya kesulitan. Walau partainya terbilang baru di Melawi, input data sampai saat ini masih berjalan lancar. Pihaknya tetap mengacu pada juknis dan juklak yang telah diberikan oleh KPU Melawi ke setiap partai saat sosialisasi belum lama ini.

“Sistem Sipol ini ternyata tidak terlalu berat bagi LO yang melaksanakan input data. Lebih mudahlah,” katanya.

Partai Berkarya, lanjut Roni juga memang sudah mempersiapkan data terkait keanggotaan partainya sejak beberapa bulan lalu. Saat masa pendaftaran inipun, partainya masih terus melakukan rekrutmen.

“Karena saat proses rekrutmen anggota, kita juga meminta KTP untuk memproses KTA, data yang kita peroleh ini kemudian dikirim ke DPW. Nanti DPW tingkat provinsi yang akan mengirimkan data anggota ke DPP untuk mengeluarkan kartu tanda anggota (KTA). Kalau di Berkarya, KTA dari pusat,” terangnya.

Roni pun optimis partainya mampu memenuhi syarat minimum yang ditetapkan KPU Melawi, yakni 228 KTA. Saat ini anggota yang terdata juga sudah melebihi apa yang disyaratkan oleh KPU.

“Kalau sekarang kita yakin bisa memenuhi syarat pendaftaran dari sisi jumlah anggota,” katanya.

Partai-partai lama juga sampai kini belum menemukan kendala terkait proses pendaftaran ke KPU. Walau belum menyerahkan data yang menjadi syarat pendaftaran partai ke KPU, para pengurus partai ini meyakini pengisian Sipol tak akan menjadi persoalan.

“Sampai sekarang kita belum menemukan masalah dalam proses pendaftaran, termasuk persiapan untuk mengisi ke Sipol,” kata Ketua Harian DPD Golkar Melawi, Abang Ahmaddin. (Edi)

Subscribe

No Responses

Comments are closed.