Jelang Perayaan Imlek, Polres Sintang Menggelar Rapat Lintas Sektoral

SINTANG- Kapolres Sintang, AKBP Adhe Hariadi mengatakan pihaknya siap melaksanakan pengamanan hari raya Imlek dan Cap Go Meh tahun 2019 di Kabupaten Sintang. Pengamanan imlek dikemas dalam operasi polisi Liong Kapuas 2019, dan dilaksanakan selama 17 hari mulai 4- 20 Februari 2019.

Pengamanan perayaan imlek ini, Polres Sintang bersinergi dengan Pemkab Sintang, TNI, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

“Kita bersinergi dengan TNI, Pemerintah Daerah dan Tokoh Masyarakat untuk pengamanan Perayaan Imlek ini. Menjaga keamanan adalah tanggung jawab kita bersama. Saya berharap selama perayaan Imlek ini tidak ada hal- hal yang menonjol dan isu-isu yang menganggu keamanan, ungkap Kapolres Sintang saat memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral, Operasi Polisi Liong Kapuas 2019, di Aula Mapolres Sintang, Kamis (31/01/2019)

Rapat tersebut dalam rangka pengamanan perayaan Imlek dan Cap Go Meh di tahun 2019. Rapat koordinasi ini juga dihadiri Asisten III Setda Sintang, Marchues Afen, Kepala Staff Kodim 1205 Sintang, Mayor, Inf Supriono, Forkopimda, jajaran Polres Sintang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta panitia Perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Kabupaten Sintang.

Kapolres mengatakan rapat koordinasi lintas sektoral ini bertujuan untuk menciptakan suasana aman dalam perayaan Imlek, dan Cap Go Meh Tahun 2019 di wilayah Hukum Polres Sintang. Pengamanan akan di Fokuskan pada di tempat – tempat pelaksanaan perayaan Imlek.

“Ada lima tempat ibadah perayaan imlek di Kabupaten Sintang. Namun pengamanan tidak hanya pada tempat ibadah saja, daerah ramai seperti terminal, bandara, tempat belanja dan tempat wisata juga menjadi titik fokus,” papar Kapolres.

Asisten III Setda Sintang Bidang Administrasi Umum Marchues Afen, mengatakan Pemkab Sintang sangat mendukung dan siap berkerjasama dalam mensukseskan perayaan Imlek di Kabupaten ini. Dia mengungkapkan, Sejauh ini kabupaten Sintang masih menjadi daerah yang kondusif.

“Sintang tidak pernah menjadi daerah yang rawan, Sintang selalu aman dan kita harapkan selalu tetap kondusif. kami berterima kasih kepada Polri dan TNI yang telah membackup keamanan di Kabupaten Sintang ini,” ucap Afen.

Kepala Staff Kodim 1205/Sintang, Mayor, Inf Supriono, mengatakan pihaknya siap bekerja sama dengan Polres Sintang dan jajarannya dalam rangka pengamanan Imlek 2570 dan Cap Go Meh 2019. Dia mengatakan ada dua wilayah di kabupaten Sintang sebagai pusat perayaan Imlek, yakni di Sepauk dan Sei Durian Sintang.

“Imlek memang agenda tahunan namun kita tetap waspada dan siaga, melaksanakan tugas pengamanan. Sehingga pelaksanaan hari raya imlek di Sintang dapat berjalan dengan tertib dan aman,” bebernya.

Anggota DPRD Sintang, yang juga panitia Cap Go Meh tahun 2019 di Kabupaten Sintang, Hermanto mengatakan, perayaan Imlek dan Cap Go Meh sudah menjadi agenda tahunan. Perayaan ini juga sebagai wadah pelestarian adat dan budaya Tionghoa di Kabupaten Sintang.

“Banyak agenda yang dikemas dalam perayaan imlek dan Cap Go Meh tahun ini, diantaranya akan menampilkan tiga orang Artis Mandarin.” Ungkap Hermanto.

Dia mengatakan, perayaan imlek ini bukan hanya gawai bagi etnis Tionghoa saja, tapi terbuka untuk seluruh masyarakat Sintang. maka dalam memeriahkan imlek ini, juga disajikan tarian multi etnis.

“jadi kegiatan ini juga wadah untuk pelestarian adat dan budaya lokal, wadah untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan,” terangnya.

Lanjut Hermanto pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sintang, Instansi Polri dan TNI serta masyarakat, yang selalu mendukung kegiatan hari raya keagamaan di Kabupaten Sintang.

“Aparat keamaanan memegang peranan penting dalam mensukseskan kegiatan Imlek, Kami sangat berterima kasih, semoga Imlek dan Cap Go Meh tahun ini juga tertib, aman dan sukses seperti tahun-tahun sebelumnya,” harap Hermanto. (Tmt)

Posting Terkait