Kapolda Kalbar Pantau Arus Mudik Lebaran

PONTIANAK, SKR – Kepolisian Daerah Kalimantan Barat memastikan arus mudik dan balik berjalan lancar aman tanpa ada hambatan. Ini dilakukan dari hasil peninjauan langsung di lapangan oleh Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs. Didi Haryono, SH, MH ke berbagai titik. Di antaranya, Bandara Internasional Supadio Pontianak dan Pelabuhan Laut Dwi Kora Pontianak.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Didi Haryono menegaskan, jajarannya bersinergi dengan 32 stakeholder yang ada di Bumi Khatulistiwa ini demi memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik yang pulang ke kampung halamannya.

“Baik dari BMKG, udaranya, kesehatan, hingga ke harga sudah sip semua. Ini bersinergi, semua ada,” kata Kapolda Kalbar pada saat pengecekan di Bandara Internasional Supadio Pontianak dan Pelabuhan Laut Dwi Kora Pontianak, Jumat, 31 Mei 2019.

Nampak hadir Komandan Lanud Supadio Marsma TNI Palito Sitorus saat memantau Posko Terpadu Bandara internasional supadio Pontianak bersama Kepala Biro Operasi Polda Kalbar Kombes Pol Jayadi, Direktur Intelkam Kombes Pol Dally Achmad Mutiara, Direktur Lalulintas Kombes Pol Asep Akbar Hikmana, dan Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol Muhammad Anwar Nasir.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Didi Haryono menjelaskan, pelayanan esktra bagi pemudik penting dilakukan. Sebab, masyarakat harus benar-benar terlayani dengan baik.

“Negara hadir. Tidak abai. Jadi, masyarakat benar-benar dilayani,” ujar Kapolda Kalbar.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Didi Haryono menyebut, bagi para pemudik jangan segan-segan untuk beristirahat jika lelah.

“Ada tukang urutnya di posko terpadu, jika ada penumpang yang lelah di tengah perjalanan,” kata Kapolda Kalbar.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat berkata,”Itu hasil peninjauan kami bersama stakeholder ini demi memberikan rasa aman dan nyaman. Bagi masyarakat yang mudik, jaga keselamatan. Apapun yang direncanakan, semoga lancar,” pesannya.

General Manager PT Pelindo II Cabang Pontianak, Adi Sugiri, menyatakan ada pemeriksaan kesehatan gratis, dan takjil gratis untuk penumpang. Ada jadwal yang memang sudah terpampang secara jelas, untuk penumpang kapal mulai H-15 sampai hari ini hampir 100 persen kapasitas kapal penuh semua.

“Khusus keamanan, kita jamin di pelabuhan Dwi Kora Pontianak, baik Satpam, Polisi hingga TNI,” kata Adi Sugiri.

Sementara itu, menurut Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Pontianak (KSOP) Pontianak, Capt Bintang Novi, menyebut alat keselamatan di kapal menjadi prioritas.

“Kami benar-benar. Ini adalah yang terakhir berangkat kapal ke Semarang dan besok pagi masih ada KM. Bukit Raya tujuan Serasan. Masalah keselamatan dan kenyamanan bagi penumpang itu juga prioritas kami. Itu sebagai alat ukur kami,” kata Bintang Novi.

Sebagai informasi, sebelum meninggalkan pelabuhan Dwikora Pontianak, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH sempat berkomunikasi menanyakan terkait tiket kapal dan harganya dengan beberapa calon penumpang kapal KM. Dharma Kencana kapasitas 926 penumpang tujuan Semarang, diantaranya dengan warga sanggau, Karyoto dan tiga orang keluarganya tujuan mudik ke Kabupaten Demak, serta warga nanga pinuh melawi, Toto dan belasan saudaranya tujuan mudik sama-sama ke Demak. (PK/As)

Posting Terkait