Kapolres Sintang Pimpin Upacara HUT Satpam Ke-36

HUT Satpam Ke-36 di Kabupaten Sintang

SINTANG, SKR.COM – Satuan Pengamanan (Satpam) merupakan posisi terdepan dan strategis sehingga harus mendapatkan perhatian khusus. Hal itu diungkapkan oleh Kapolres Sintang, AKBP Suharjimantoro selaku irup pada upacara peringatan HUT Satpam ke 36 yang digelar di Lapangan RRI Sintang, Rabu (18/1).

“Satuan pengamanan merupakan posisi strategis dalam membantu pengamanan terlebih di dunia usaha. Untuk itu, perlu adanya pelatihan dalam upaya peningkatan kompetensi Satpam. Hal itu tentu dibutuhkan untuk meningkatkan stabilitas keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya,” ujarnya.

Dengan adanya perhatian khusus untuk Satpam, ia mengharapkan bahwa jabatan satpam tak dipegang oleh orang asing.

“Untuk itu, Satuan Pengamanan harus memelihara dan kembangkan komitmen moral, bersikap tegas dan cermat serta menegakkan ketertiban di lingkungan kerja. Satuan Pengamanan juga harus selalu waspada dan mampu mendeteksi dini adanya gangguan. Tak hanya itu, penting sekali Satuan Pengamanan meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan Polri terlebih saat di lapangan,” ucapnya.

Ia berharap setiap anggota Satuan Pengamanan mampu mengenali dan memahami sejauh mana peran dari Satuan Pengamanan.

“Kita membahas masalah waktu, tentunya 36 tahun bukan waktu yang sebentar. Untuk itu, peringatan HUT Satuan Pengamanan ini harusnya dijadikan ajang introspeksi diri. Kenali pekerjaan Anda, tak kenal maka tak sayang. Setelah itu, pelajari pekerjaan itu kemudian nikmati semua pekerjaanmu karna jika tak dinikmati maka hanya akan menjadi penyakit saja. Dan ingat. Satpam itu pekerjaan mulia jadi jangan dikotori karena jika dikotori maka tak hanya diri sendiri saja yang kena tapi satuan kerja,” tukasnya. (Yli)

Posting Terkait