www.suarakapuasraya.com

Terdepan dalam Informasi

Kembangkan Nilai-Nilai Budaya Melalui Festival Tarian Japin

Kembangkan Nilai-Nilai Budaya Melalui Festival Tarian Japin

MELAWI, SKR.COM – Wakil bupati Melawi Dadi Sunarya membuka secara resmi Festival Budaya Melayu yang digelar oleh Persatuan Orang Melayu (POM) Melawi di Graha Sukiman Center Jl Juang Km 2 pada Senin malam (16/4). Kegiatan tersebut merupakan sebuah langkah untuk melestarikan budaya Melawi yang ada.

Ketua panitia Muhammad Firman mengatakan, festival budaya melayu dilaksanakan mulai 16 sampai dengan 23 April mendatang. Dalam kegiatan tersebut dilakanakan sejumlah lomba diantaranya lomba Busana melayu yang diikuti 60 peserta, lomba Lagu melayu 30 peserta dan Lomba japin diikuti 6 regu.

“Pada tanggal 23 kami juga akan mengadakan saprahan bersama tokoh2 melayu. Maka dari itu kami mengundang bapak ibu sekalian pada tanggal tersebut.” Kata Firman saat menyampaikan sambutannya pada pembukaan festival.

Lebih lanjut Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan adat istiadat budaya Melayu di kabupaten Melawi serta sebagai upaya mempererat tali silaturahmi. Dia juga menyampaikan terimakasih dan permohonan maaf jika dalam pelaksanaannya terjadi kekurangan.

Sementara itu ketua POM Melawi Endri Triadi mengatakan, POM Melawi merupakan organisasi Independen yang tidak ada kaitannya dengan kepentingan politik. Namun demikian POM tidak anti dengan politik ataupun melarang anggotanya untuk berpolitik.

Wakil bupati Melawi Dadi Sunarya yang juga penasehat POM Melawi berharap festival ini mampu menumbuhkan semangat dan mengembangkan nilai-nilai budaya luhur peninggalan leluhur agar tidak sampai terkikis dengan arus moderenisasi.

Dia mengatakan, perkembangan zaman dewasa ini sangat pesat, dan tentu saja akan membawa pengaruh yang besar. Selain itu tentu saja bisa menggerus nilai-nilai kebudayaan. Maka dari itu adat diharapkan bisa menjadi benteng untuk menangkal dampak buruk yang bisa mengikis adat kebudayaan.

Dia juga berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya. Sebagai upaya melestarikan adat istiadat budaya melayu. (DI)

 

Subscribe

No Responses

Comments are closed.