www.suarakapuasraya.com

Terdepan dalam Informasi

Ketua Asosiasi Minta Pemkab Melawi Segera Lelang Proyek Pemerintah

Ketua Asosiasi Minta Pemkab Melawi Segera Lelang Proyek Pemerintah

MELAWI, SKR.COM – Saat ini sudah memasuki pertengahan tahun, namun belum ada kegiatan proyek perintah yang sudah berjalan. Bahkan belum ada satu kegiatanpun yang sudah ditender. Seperti yang disampaikan Ketua Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas) Melawi, Abang Sabirinsyah.

Menurutny Kondisi ini harus segera dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Melawi. Untuk melaksanakan kegiatan pembangunan ditahun 2017 ini pemerintah harus bekerja kejar waktu.

“Sebab untuk pekerjaan proyek lelang yang nilainya sangat  besar yang miliar dan bahkan puluhan miliar rupiah, kalau tidak dikejar dengan waktu cepat dalam pelaksanaan lelang bisa menyebabkan kegiatan itu tidak bisa terlaksana,” ungkapnya belum lama ini.

Untuk itu kata dia, perlu disiasitilah oleh Pemda. Apalagi kalau kegiatan yang dibiayai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) yang merupakan kepercayaan dari Pemerintah Pusat terhadap Kabupaten Melawi untuk mengelolanya.

“Seperti di Dinas Kesehatan, pada tahun 2017 ini ada berapa kegiatan fisik yang dibiayai oleh DAK. Jangan sampai ada kegiatan yang tidak terbayarkan lagi seperti tahun lalu,” ujarnya.

Kata Sabirin, termasuk juga pekerjaan kegiatan jalan di Dinas Pekerjaan Umum, juga harus disiasati baik yang berkaitan dengan waktu maupun kondisi cuaca. Seharusnya sebelum bulan suci ramadhan kegiatan  tender harus sudah dilaksanakan.

“Sebab kalau pelaksanaan tender setelah musim libur selesai, akan terkendala juga dengan waktu,”  ucapnya.

Sabirin juga menyinggung soal pelaksanaan tender proyek, dia juga berharap dalam pelaksanaan lelang khususnya kegiatan yang ditender jangan sampai ada permainan-permainan atau mengunggulkan jagoan-jagoan yang sudah ditentukan.

“Kita minta pelaksanaan tender semua kegiatan proyek tahun ini dilaksanakan betul-betul terbuka sesuai dengan aturan yang ada. Kita minta panitia lelang dalam melaksanakan proses pelalangan harus transfaran, netral dan betul-betul sesuai aturan yang telah diatur berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres),” tuturnya.

Terpisah, Ketua Gapensi Melawi, Indra Fahrudi mengatakan berhubung sekarang sudah memasuki triwulan kedua pembayaran untuk kegiatan yang dibiayai oleh DAK, maka dia minta supaya proses lelang proyek harus segera dilaksanakan dan panitia lelang di ULP harus segera dibentuk.

Dia juga menyampaikan supaya tidak ada tumpang tindih dalam pelaksanaan kegiatan, dia berharap kepada dinas yang melaksanakan kegiatan pembangunan fisik agar berkoordinasi ke asosiasi-asosiasi yang ada di Kabupaten Melawi ini.

“Kami berharap semua kegiatan proyek di Kabupaten Melawi bisa berjalan lancar, tidak ada demo dan sebagainya seperti yang terjadi pada tahun lalu,” ucapnya.

Sebagai ketua asosisasi, Indra  juga mengingatkan kepada instansi pemerintah yang melaksanakan kegiatan pembangunan fisik, agar hati-hati dalam melaksanakan proses lelang dan tender proyek.

“Tidak ada intimidasi, serta tidak ada arahan-arahan yang menimbulkan dampak buruk kepada pekerjaan yang dilaksanakan oleh kontraktor,” pungkasnya. (Edi)

Subscribe

No Responses

Comments are closed.