Ketua DPRD Sintang Harapkan Kabal Bidar Pelanji Jubair Dapat Menjadi Ikon Sintang

SINTANG, SKR.COM – Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny menghadiri acara launching kapal wisata gagasan Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Sintang dan sekaligus peresmian rumah jabatan Bupati Sintang, Kamis (20/02/2020).

Kapal wisata MABM tersebut dinamakan “Bidar Pelangi Jubair”. Proses pembuatannya selama 5 bulan. Kapal ini memiliki panjang 20 meter dan lebar 6,5 meter serta tinggi mencapai 7 meter, dibagi menjadi 2 lantai. Daya tampungnya sekitar 120 orang atau kurang lebih kapasitas 7 ton. Didalam kapan juga dilengkapi dengan fasilitas keselamatan yang sesuai standar.

Ketua DPRD Sintang Florensius Ronny mengucapkan selamat karena hari ini telah diresmikannya kapal wisata yang diinisiasi oleh seluruh pengurus MABM Sintang. Hal ini sangatlah membanggakan kita, mengingat wisata air di Sintang belum ada, mudah-mudahan itu akan menjadi ikon bagi Kabupaten Sintang. Saya juga berharap kedepannya di perahu itu juga akan tersedia wisata kuliner. Jadi wisata air plus wisata kuliner,” harap Ronny.

Selain itu ucap politisi Nasdem ini, mengucapkan selamat atas diresmikannya rumah jabatan Bupati Sintang, dimana kita ketahui bahwa rumah jabatan bupati yang lama telah terbakar pada Juli 2018 yang lalu, dan pada hari ini (Kamis-Red) rumah jabatan bupati telah rampung di bangun kembali dan tidak merubah bentuk bangunannya. β€œini sangat luar biasa,” sambungnya.

Ronny ajak seluruh masyarakat Sintang, mari sama-sama kita lestarikan budaya yang ada di Sintang, dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan masyarakt Sintang yang majemuk, ajak Ronny.

Selaku anggota DPRD Sintang Ronny juga akan mensupport penuh kegiatan-kegiatan yang memang bisa menambah objek wisata di Kabupaten Sintang,” pungkas Ronny.

Dalam peresmian kapal wisata Bidar Pelangi Jubair dan rumah jabatan bupati, para pimpinan daerah terlebih dahulu menyusuri Sungai Kapuas selama kurang lebih 2 jam menggunakan kapal wisata dan setibanya di dermaga di depan rumah jabatan Bupati Sintang, para pimpinan daerah disambut dengan tarian Barongsai dan tarian Adat Dayak.

Usai disambut dengan tarian Barongsai dan tarian Adat Dayak, para pimpinan daerah selanjutnya memasuki rumah jabatan bupati nanmun terlebih dahulu upacara adat menginjak telur dan tanah di depan tangga.

Tampak hadir pada acara tersebut, anggota DPRD Sintang, Santosa,S.Ap, Ghulam Raziq S.T, Lim Hie Soe, Drs. Senen Maryono M.Si, dan Zulherman serta Ketua MABM Provinsi Kalimantan Barat, Prof .Dr. Chairil Anwar. (*)

Posting Terkait