KPU Melawi Libatkan 208 Orang Tenaga Pelipat Surat Suara

Lipat Surat Suara di Melawi

MELAWI, SKR.COM – Setelah dilaksanakan pelipatan surat suara sejak 14 Maret 2019 yang diikuti tenaga pelipat sebanyak kurang lebih 208 orang menemukan ratusan surat suara yang rusak.

Dimana kerusakan tersebut dalam kondisi Sobek maupun terkena bercak yang dinyatakan rusak.

“Iya, ada ratusan yang terkena bercak serta sobek. Surat suara tersebut dinyatakan rusak. Saat ini pelipatan masih berlansung, sehingga jumlah pasti beberapa banyak yang mengalami kerusakan akan direkap setelah pelipatan selesai,” kata Ketua KPU Melawi, Dedi Suparjo, Selasa (19/3).

Pelipatan yang sudah dilakukan yakni surat suara pemilu Presiden dan Wakil Presiden, yang mana pelipatan dilaksanakan dari tanggal 14 Maret hingga 15 Maret 2019.

Pada tanggal yang sama juga dilakukan pelipatan surat suara pemilu DPD-RI Dapil Kalbar,
“Kemudian pada tanggal 15, 16 hingga 18 Maret 2019, dilanjutkan dengan pelipatan surat suara Pemilu DPR-RI Dapil Kalbar II. Pada tanggal 16 dan 18 Maret juga dilakukan pelipatan surat suara Pemilu DPRD Provinsi Kalbar Dapil Kalbar 7,” terangnya.

Namun Dedi menerangkan, dari jumlah surat suara yang sudah dilakukan pelipatan tersebut belum bisa direkap, karena masih ada proses pelipatan yang berlansung.

Namun iya menyampaikan sudah ratusan surat suara yang rusak.

“Iya banyak juga yang rusak, sekitar rausan lembar. Kerusakannya akan direkap setelah seluruh surat suara sudah selesai dilipat. Saat ini masih ada surat suara Pemilu DPRD Kabupaten Melawi yang belum dilaksanakan,” jelasnya.

Dedi mengatakan, surat suara yang telah selesai dilipat tersebut disimpan bersama logistik lainnya di gedung serbaguba Melawi dengan keadaan pintu depan terkunci 2 buah gembok, yang masing-masing dipegang oleh Pihak KPU Kabuppaten Melawi 1 buah dan Polres Melawi 1 buah serta mendapatkan pengamanan dari Anggota Polres Melawi.

“Hingga saat ini proses pelipatan masih berlanjut dan dalam keadaan lancar dan aman. Semoga selain surat suara yang rusak, tidak ada kendala lain,” pungkasnya. (DI)

Posting Terkait