Milton: Pemekaran Wilayah Berdampak Positif Terhadap Percepatan Pembangunan

127
Milton Crosby

SINTANG, AKR.COM – Penataan infrastruktur adalah hal pokok yang akan segera diupayakan Milton Crosby bilamana nantinya dipercayakan masyarakat untuk memimpin Kalimantan Barat lima tahun kedepan. Solusi untuk memperbaiki kualitas infrastruktur tersebut menurut Milton adalah pemekaran wilayah Kalimantan Barat setidaknya menjadi dua provinsi.

“kalau Infrastruktur kita ingin bagus kita harus mekarkan kalbar menjadi dua supaya kalbar bagian barat dan timur bisa mengelola daerahnya sindiri-sendiri.

Pemekaran wilayah yang sudah lama ia gagas, yakni pembentukan provinsi baru di timur kalimantan barat yang dikenal dengan nama Provinsi Kapuas Raya (PKR). PKR mencakup lima kabupaten di Timur Kalbar yakni, Sanggau, Sekadau, Melawi , Sintang dan Kapuas Hulu.

Menurut pasangan Boyman Harun ini pemekaran wilayah akan berdampak positif terhadap percepatan pembangunan di daerah secara khusus penataan infrastruktur. Kalimantan Barat dengan wilayah yang sangat luas dengan alokasi anggaran yang terbatas tidak mampu mengakomodir semua kebutuhan pembangunan.

Sebegai contoh seandainya Provinsi Kapuas Raya terbentuk dan memiliki APBD sebesar 3 triliun saja untuk membiayai pembangunan di lima kabupaten saja ditambah kekuatan masing-masing APBD lima kabupaten, maka pembangunan akan lebih cepat. Pemekaran Provinsi Kapuas Raya juga menguntungkan kabupaten di Kalimantan Barat karena APBD 5,289 triliun hanya untuk membiayai pembangunan di sembilan kabupaten/kota saja.

“Pemekaran wilayah di Kalbar kunci percepatan pembangunan,” pungkasnya.(Tim)