www.suarakapuasraya.com

Terdepan dalam Informasi

Peranan Orang Tua dan Masyarakat Sangat Penting Dalam Pendidikan

Peranan Orang Tua dan Masyarakat Sangat Penting Dalam Pendidikan
Ilustrasi

MELAWI, SKR.COM – Keberhasilan pendidikan tidak hanya ditentukan oleh proses pendidikan di sekolah dan tersedianya sarana dan prasarana saja. Tetapi juga ditentukan oleh lingkungan keluarga dan atau masyarakat. Karena itu pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah (sekolah), keluarga dan masyarakat.

Hal tersebut mengisyaratkan bahwa orang tua murid dan masyarakat mempumyai tanggung jawab untuk berpartisipasi, turut memikirkan dan memberikan bantuan dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Partisipasi yang tinggi dari orang tua murid dalam pendidikan di sekolah merupakan salah satu ciri dari pengelolaan sekolah yang baik, artinya sejauhmana masyarakat dapat diberdayakan dalam proses pendidikan di sekolah adalah indikator terhadap manajemen sekolah yang bersangkutan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pengamat pendidikan Marselius Iteng, S.Sos, mengatakan, bahwa pemberdayaan masyarakat dalam pendidikan merupakan sesuatu yang esensial bagi penyelenggaraan sekolah yang baik.

Karena Tingkat partisipasi masyarakat dalam proses pendidikan di sekolah memberikan pengaruh yang besar bagi kemajuan sekolah, kualitas pelayanan pembelajaran di sekolah yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap kemajuan dan prestasi belajar anak-anak di sekolah.

Lebih jauh Iteng memaparkan, bahwa sekolah pada hakekatnya melaksanakan dan mempunyai fungsi ganda terhadap masyarakat. Yakni memberi layanan dan sebagai agen pembaharuan bagi masyarakat sekitarnya sebagai fungsi layanan dan fungsi untuk memajukan masyarakat melalui pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Tahun Ajaran baru sudah mulai berjalan. Banyak harapan orang tua atau masyarakat agar putra-putri mereka yang masuk pada suatu sekolah diberikan apa yang menjadi haknya,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, demikian juga dari pihak sekolah tentulah berusaha semaksimal mungkin memperdayakan semua sumberdaya yang ada disekolah. Baik tenaga, sarana, maupun dana agar dapat menjawab harapan tersebut.

Orang tua murid atau masyarakat perlu memahami, bahwa keberhasilan pendidikan tidak hanya semata-mata tanggung jawab sekolah secara kelembagaan. Tetapi juga orang tua atau masyarakat perlu adanya komunikasi dan kepedulian terhadap keberlangsungan pendidikan anak didik.

“Hubungan itu terjalin dengan baik dalam rangka saling mengisi dan melaksanakan peran sesuai dengan kapasitas masing-masing. Sekolah secara kelembagaan punya tanggung jawab agar proses pembelajaran terlaksana dengan baik. tugas guru antara lain mengajar, mendidik, membimbing, melatih dan mengarahkan anak. Pada prinsipnya sekolah pasti ingin lebih baik,” pungkasnya. (KN)

No Responses

Comments are closed.