www.suarakapuasraya.com

Terdepan dalam Informasi

Ponpes Al-Shighor Melawi Terima Santri Baru

Ponpes Al-Shighor Melawi Terima Santri Baru
Para Santri Sedang Belajar Tambahan Tentang Nahwu Al Imrithy (Kitab Kuning) di Masjid Lokasi Ponpes

MELAWI, SKR.COM – Pondok Pesantren (Ponpes) Ma’had Al-Shighor Al-Dauly Melawi, Provinsi Kalbar, yang berlokasi di ruas jalan Nanga Pinoh-Ella, Desa Semadin Lengkong, Kecamatan Nanga Pinoh, kembali menerima pendaftaran santri baru tahun pembelajaran 2017/2018 untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Pengasuh Ponpes Ma’had Al-Shighor Al-Dauly, Ustad Muqoyyim menjelaskan bangunan fisik Ponpes berdiri diatas tanah seluas 1,5 hektar dan bangunan yang sudah ada saat ini diantaranya asrama putra dan putri, masjid, dapur umum, dua lokal ruang belajar, satu ruang kantor, perpustakaan, lapangan olah raga serta lahan pertanian dan perikanan.

Muqoyyim mengatakan, pendaftaran santri sudah mulai dibuka dan berakhir pada 2 Juli 2017 mendatang. Selain itu kata Muqoyyim, pihaknya akan menerima santri mulai dari Kelas VII, VIII dan IX dan santri pindahan serta menerima warga yang belajar ngaji.

Dijelaskan, Seluruh santri harus berdomisili diasrama yang telah disediakan dengan bimbingan dan pengawasan ketat. Hal ini dimaksudkan agar keseluruhan program yang terintegrasi antara pesantren dan sekolah dapat diterima dengan baik oleh peserta didik.

Dikatakan, program unggulan Ponpes ini diantaranya Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, pengetahuan Agama Islam, Tahfidz Al-Qur’an dan sekolah formal. Tenaga pendidik Ponpes ini terdiri dari Ustad dan Ustadzah sebanyak 12 orang dari berbagai bidang ilmu.

“Setelah mengikuti program pendidikan di Ponpes ini selama enam tahun pendidikan MTs santri memiliki kemampuan membaca kitab-kitab standar salafiyah berdasarkan pada kurikulum madrasah diniyah, hafal Al-Quran minimal enam juz serta memahami tafsirnya,” ujarnya ditemui di Nanga Pinoh, Selasa (16/5).

Lebih jauh dikatakan, kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum nasional, dengan modifikasi dan penambahan mata pelajaran muatan lokal sesuai denan visi dan misi ma’had. Selanjutnya kata Dia, target pihaknya tiga tahun kedepan Ponpes akan membangun Madrasah Aliyah, sehingga program emam tahun Ponpes bisa terlaksana dengan baik.

Dia berharap kepada warga Melawi khususnya, dapat mendaftarkan putra dan putrinya untuk pengembangan ilmu keagamaan di Ponpes ini dan mengembangkan kegiatan pendidikan keahlian dengan model pembelajaran yang mengarah kepada life skill dan mempunyai akuntabilitas publik.

“Untuk informasi pendaftaran bisa dihubungi ke nomor HP 081258443047,” akhirnya. (Edi)

Subscribe

No Responses

Comments are closed.