www.suarakapuasraya.com

Terdepan dalam Informasi

RPK Jaga Stabilisasi Harga Pangan Nasional

RPK Jaga Stabilisasi Harga Pangan Nasional

SINTANG, SKR.COM – Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivisi Regional Kabupaten Sintang, menawarkan program Rumah Pangan Kita (RPK) kepada seluruh elemen masyarakat untuk menjadi mitra dalam penjualan produk Bulog. Diantaranya beras, gula dan minyak goreng kemasan.

Kepala Perum Bulog Subdivisi Kabupaten Sintang, Hendra, mengatakan, program kemitraan tersebut bertujuan menjaga stabilisasi harga pangan nasional. Produk bulog tersebut dijual lebih murah dari harga di pasaran.

Sejauh ini kata Hendra program RPK di Sintang baru dilaksanakan lebih dari 40 mitra Bulog, karenanya pihaknya akan terus berupaya meningkatkan jumlah kemitraan dengan masyarakat yang ingin mengikuti program RPK tersebut.

“Masyarakat yang menjadi mitra bulog sebagai Rumah Pangan Kita baru sekita 45 RPK dan ini hanya di Kecamatan Sintang saja,” kata Hendra saat dijumpai di ruang kerjanya, Rabu (11/04/2018).

Pihaknya berencana meningkatkan jumlah kemitraaan di 13 kecamatan lain di kabupaten Sintang. Hal ini supaya masyarakat diluar kecamatan Sintang juga bisa mendapatkan bahan pangan dari produk bulog dengan harga yang lebih terjangkau dari pasaran.

“Menjual produk bulog melalui RPK sangat membantu kita dan masyarakat, karena produk yang kita jual kualitasnya bagus dan harganya lebih terjangkau,” kata Hendra.

Dia mengatakan, masyarakat bisa bergabung sebagai mitra bulog dengan menjadi agen RPK. Pihaknya tidak menetapkan syarat yang ketat bagi masyarakat yang ingin bergabung menjadi mitra bulog.

“Syaratnya mudah, silahkan mendaftar ke Bulog Sintang, bawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat keterangan dari RT setempat. Nanti calon mitra akan diwawancara,” terang Hendra.

Kendati demikian, kata Hendra produk yang dijual melaui RPK tidak boleh melebihi harga yang ditetapkan oleh bulog. Pihaknya tetap akan melalukan pengawasan program kemitraan RPK ini.

“ Masyarakat yang bermitra dalam program RPK ini bisa mendapatkan produk Bulog dengan harga murah namun harus dijual ke konsumen dengan standar harga yang ditentukan oleh Bulog,” pungkasnya.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang Daerah Pemilihan (Dapil) Tempunak-Sepauk, Agustinus menyambut baik dan mendukung upaya Bulog Sintang dalam menjaga stabilisasi pangan di kabupaten Sintang dengan cara membuka peluang bagi masyarakat menjadi mitra dalam program RPK.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, selain membuka peluang usaha, upaya bulog ini juga membuka jalan bagi masyarakat di pedalaman untuk turut menikmati program pemerintah, khusunya bahan pangan dengan harga yang lebih murah.

“Selama ini program pemerintah lebih banyak menjangkau masyarakat diperkotaan saja. Masyarakat di pedalaman tidak tersentuh. Kita berharap dengan adanya masyarakat di pedalaman yang bergabung dalam program RPK nantinya dapat memudahkan masyarakat lain mendapatkan bahan pangan (produk bulog.red) dengan harga yang terjangkau.” katanya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat bila mitra RPK untuk mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh Bulog,” bermitralah dengan baik, jualah produk bulog sesuai harga yang ditetapkan, jangan melebihi harga itu,” pesannya. (Thy)

Subscribe

No Responses

Comments are closed.