www.suarakapuasraya.com

Terdepan dalam Informasi

Sejumlah Sekolah Raih Juara UKS dan Penghargaan Adiwiyata

Sejumlah Sekolah Raih Juara UKS dan Penghargaan Adiwiyata
Para juara ketika berfoto bersama dengan Pemerintah provinsi Kalbar

MELAWI, SKR.COM – Sejumlah sekolah yang berada di Melawi meraih juara Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Provinsi Kalimantan Barat dan menjadi penerima penghargaan adiwiyata Nasional 2017. Hal tersebut tentu mrupakan sebuah kesuksesan tersendiri bagi sekolah yang meenerima.

“Sesuai dengan SK Disdikbud Provinsi Kalbar, yang menjadi juara UKS tingkat Provinsi Kalbar, pada tingkat TK, yakni TK Bunda Nanga Pinoh Kabupaten Melawi berhasil meraih juara III.

Kemudian pada jenjang SD kita belum ada dapat, namun pada tingkat SMP/MTs, Melawi mendapat juara I yakni SMPNegeri 1 Pinoh Selatan. Sementara untuk tingkat SMA, Melawi meraih juara II yang dimenangkan oleh SMA Santa Maria Nanga Pinoh. Sementara untuk penerima penghargaan Adiwiyata Nasional, itu diraih oleh SMA Negeri 2 Belimbing,” kata Kepala Dinkes Melawi dr Ahmad Jawahir.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepsek SMPN 1 Pinoh Selatan (Pinsel), Muh Firman mengucapkan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa dan mengucaapkan terima kasih atas dukungan para instansi terkaot yang telah mendukung sekolahnya mengikuti lomba UKS.

“Alhamdulillah, terima kasih atas dukungan Bupati Melawi, Ketua DPRD Melawi, Ketua Tim Penggerak PKK Melawi, Kepala Dinas Pendidikan Kab Melawi, Kepala Dinas Kesehatan Melawi, Ketua KNPI Melawi, Ketua Gapensi Melawi, Kepala Puskesmas Pinoh Selatan, Camat Pinoh Selatan , Kepala Desa, Guru, Siswa serta semua pihak yg tidak dapat d sebutkan satu persatu yg telah mendukung LSS di SMP N 1 Pinoh Selatan,” katanya.

Walau berada jauh dari ibukota kabupaten, SMP Negeri 1 Pinoh Selatan bisa membuktikan diri dengan menyabet prestasi yang luar biasa. Sekolah yang berada di Pinoh selatan itu mengalahkan sejumlah sekolah lainnya dari berbagai kabupaten/kota.

Kepastian juara 1 sekolah sehat ini sendiri disampaikan melalui surat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar bernomor 050/2929/DIKBUD/12.01 tanggal 11 Desember 2017 yang ditandatangani Kepala Disdikdbud Provinsi Kalbar selaku ketua II Tim Pembina UKS Provinsi Kalbar, Dr Akim, MM. Untuk jenjang pendidikan SMP/MTs, juara 1 diraih SMP Negeri 1 Pinoh Selatan Kabupaten Melawi, juara 2 diraih SMPN 1 Sambas, dan juara 3 diraih MTs Negeri Sanggau.

Firman juga menyatakan akan berupaya semaksimal mungkin agar SMP yang Ia pimpin bisa berprestasi lebih baik di tingkat nasional. Penilaian lomba sekolah sehat tingkat nasional direncanakan akan digelar pada Mei 2018 mendatang.

Firman memaparkan ia sudah mempersiapkan sekolah untuk mengikuti lomba UKS ini sejak 2016 silam. Tak hanya melibatkan warga sekolah, tapi juga masyarakat, pihak desa, PKK, hingga jajaran puskesmas dan dinas terkait agar sekolahnya bisa mewakili Kalbar nantinya.

“Semangat siswa dan para guru serta dukungan masyarakat menjadi motivasi untuk bahu-membahu membangun sekolah sehingga kita mampu mewujudkan sekolah sehat,” katanya.

Firman menilai, dukungan dari pemerintah juga sudah sangat maksimal, mulai dari bantuan pembangunan infrastruktur fisik di lingkungan sekolah hingga pemberian sarana dan prasarana pendukung. “Ini semua berkat dukungan masyarakat dan pemerintah,” ucapnya. (Edi)

Subscribe

No Responses

Comments are closed.