Selesai PPL-KKM di Sintang, 30 Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak Kembali Ke Kampus

SINTANG, SKR.COM – Sebanyak 30 mahasiswa-mahasiswi yang tersebar di beberapa Kecamatan dan beberapa sekolah di lingkungan Kabupaten Sintang resmi ditarik dari  PPL-KKM yang sudah mereka jalankan selama satu semester.

Penarikan ini dilaksanakan di Balai Praja Rumah Jabatan Bupati Sintang, langsung dipimpin oleh Rektor IKIP-PGRI Pontianak, Prof Dr H Samion H.AR MPd didampingi oleh PLH.Sekretaris Daerah, Ir.H.Zulkarnaen, M.Si hadir juga Dinas Pendidikan, para camat, kepala Sekolah tempat dimana mahasiswa melaksanakan PPL-KKM dan para dosen pembimbing, Kamis, (28/01).

Ketua koordinator PPL-KKM, Zulkifli mengatakan jumlah peserta KKM-PPL tahun ajaran 2015/2016 ini khususnya di Kabupaten Sintang  sebanyak 30 orang ditempatkan di empat Kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang, seperti Kecamatan, Ketungau Tengah, Kelam Permai, Sungai Tebelian dan Kecamatan Sintang, kemudian sekolah yang ditempati mereka seperti, SMP 1 Tebelian, SMA 1 Sintang, SMA 2 Sintang, SMA 1 Kelam Permai, SMA 1 Ketungau Tengah.”ungkapnya.

“kegiatan yang telah kami lakukan selama PPL-KKM ini seperti sosialisasi kebersihan lingkungan, pembagian masker gratis selama kabut asap, bersih-bersih di stadion baning kerjasama dengan Dinas Kebersihan Kabupaten Sintang, pembuatan tong sampah, membuat plang nama di Kecamatan Sungai Tebelian, bersih-bersih tempat ibadah di Kelam Permai, dan perbaikan sarana dan prasarana di setiap sekolah”tambah Zulkifli.

Kemudian dalam kesempatan yang sama, Rektor IKIP PGRI Pontianak, Prof Dr H Samion H.AR MPd, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sintang yang telah bersedia menerima dan memfasilitasi mahasiswa kami dalam melaksanakan PPL KKM terpadu. Mudah-mudahan kerja sama ini secara terus menerus dapat kita lakukan. Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat mendewasakan diri termasuk dalam mempelajari berbagai aspek yang ada di lingkungan sebagai penjajakan dalam memperoleh dunia pekerjaan.”kata Samion

“Pendidikan merupakanlah hal yang utama dipandang, karena pendidikan membuat karakter seseorang yang lebih baik lagi, serta kami tetap mendukung pemerintah Kabupaten Sintang dalam menangani kekurangan jumlah tenaga pendidik yang ada di pedesaan Kabupaten Sintang ini”tambahnya.

Penjabat Bupati Sintang, yang dalam hal ini diwakili oleh PLH.Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang,Ir.H.Zulkarnaen, M.Si,  membacakan sambutan Penjabat Bupati mengatakan, melalui kegiatan ini telah membantu Pemerintah Daerah untuk ikut serta membangun masyarakat kita yang memang saat ini sedang menghadapi berbagai persoalan yang cukup rumit, seperti kemiskinan, keterisolasian, kerentanan ekonomi dan masalah sosial lainnya maka dari itu dengan adanya kegiatan seperti KKM-PPL ini, minimal kita dapat memahami peta permasalahan masyarakat secara nyata, untuk kemudian dicarikan solusi terbaik oleh kita bersama-sama.

apalagi para mahasiswa yang selama ini bergelut dengan berbagai teori keilmuan menjadi kelompok yang diharapkan oleh pemerintah dapat membantu memahami dan memberikan alternatif solusi nyata dari permasalahan yang dihadapi masyarakat.Ungkap Zulkarnaen.

Saya berharap dengan telah dilaksanakannya kuliah kerja mahasiswa dan praktek pengalaman lapangan, semua peserta dapat memadukan teori dengan pengalaman yang didapat sehingga penguasaan disiplin ilmu yang ada semakin luas dan mendalam.”Harap Zulkarnae. (Hms)

Posting Terkait