www.suarakapuasraya.com

Terdepan dalam Informasi

Semak Belukar di Badan Jalan Potensi Laka Lantas

Semak Belukar di Badan Jalan Potensi Laka Lantas
Ilustrasi jalan dipenuhi semak belukar

MELAWI, SKR.COM – Ruas jalan provinsi yang menghubungkan Nanga Pinoh menuju ke Tanah Pinoh (Kota Baru) sudah mulus. Bahkan tahun ini pengaspalan jalan provinsi tersebut sudah sampai di Desa Mekar Pelita. Kondisi ini semakin memperlancar arus lalu lintas Bahkan untuk menjangkau Kecamatan Sayan sudah mampu ditempuh dengan waktu 1,5 jam.

“Saat ini memang sudah terasa dekat. Karena sudah tidak ada kendala lagi diperjalanan. Namun demikian, dengan jalan yang mulus seperti sekarang sangat rawan kecelakaan lalu lintas. Terutama sekali diruas jalan antara Nanga Pinoh menuju Desa Manggala maupun samapi Bemban. Jalannya banyak tikungan, kemudian badan jalannya sempit karena ukuran badan jalannya kecil dan kiri kanan jalan banyak ditumbuhi semak belukar hingga tak keluhatan,” ungkap Seorang tokoh masyarakat Kecamatan Sayan, Suparmin ,di Nanga Pinoh belum lama ini.

Lebih lanjut Suparmin mengatakan, dengan jalan yang kecil dan kiri kanan ditumbuhi semak belukar, membuat para pengendara lebih memilih bawa kendaraannya berada ditengah-tengah jalan, karena menghindari semak yang sampai menutup badan jalan. Fakta itu terlihat banyaknya kasus laka yang posisi kecelakannya di tengah. “Kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi didaerah tersebut, rata-rata posisi kendaraan saat berada ditengah,” ucapnya.

Suparmin menuturkan, seharusnya maesti ada pemeliharaan kiri dan kanan jalan. Hal itu bisa dilakukan oleh Unit Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ) Provinsi Kalbar ataupun pihak perhubungan Dinas Provinsi Kalbar, untuk membersihkan semak-semak kiri dan kanan jalan tersebut.

“Kalau hanya sekedar membersihkan semak di kiri dan kanan jalan tidak memerlukan biaya besar. Apalagi kalau menggunakan racun rumput, karena cukup di semprot. Bahkan bisa dilakukan dia kali setahun. Ini salah satu upaya untuk menghindari terjadinya kecelakaan,” pungkasnya. (edi)

Subscribe

No Responses

Comments are closed.