Tanah Abutment Terkikis, Jembatan Pintas Perlu Peremajaan

MELAWI, SKR.COM – Sudah lama sejak dibangun, jembatan yang berada di jalan Provinsi Desa Pintas kecamatan sayan tidak pernah direhab maupun dilakukan peremajaan.

Hingga saat ini kondisi jembatan tersebut sudah memprihatinkan. Sebab banyak baut yang lepas dan yang sangat mengkhawatirkan adalah tanah dimana abutment nya berdiri mulai terkikis.

“Tanah di abutment nya sudah terkikis. Itu dikhawatirkan semakin parah, sehingga bisa membuat jembatan roboh. jembatan tersebut berstatstus jalan provinsi, sehingga kita minta Pemrintah provinsi untuk segera melakukan peremajaan terhadap jembatan itu,” Kata Yarto, seorang warga Sokan yang juga sering berada di Pintas, saat ditemui di Nanga Pinoh, kemarin.

Lebih lanjut Yarto mengatakan, jembatan tersebut akan semakin parah apabila tidak segera ditangani oleh Pemerintah provinsi dalam hal ini melakukan perbaikan dan peremajaannya. Tentu juga berkaitan dengan keselamatan masyarakat selaku pengguana jembatan.

“Secara kasat mata memang terlihat masih kokoh. Tapi jika dilihat secara teliti, banyak baut dipagar tepi yang sudah hilang. Kemudian tanah abutment yang terkikis. Jangan sampai yang kita khawatirkan seperti ambruk tadi terjadi ketika masyarakat sedang lalu,” paparnya.

Menurutnya, peremajaan itupun sudah sangat wajar, sebab sejak dibangun puluhan tahun silam, jembatan itu belum pernah perawatan maupun peremajaan terhadap jembatan itu. Sehingga karena usianya yang sudah tua pula, sangat wajar apabila jembatan itu mulai mengalami kerusakan.

“Kita minta pemerintah melakukan peremajaan dan melakukan penimbunan tanah serta membuat barau beton pada tanah yang ada di abutmentnya. Sebab abutment jembatan merupakan sebuah pondasi utama atau kekuatan utama dari jembatan itu,” ucapnya.(Edi)

Posting Terkait