Tingkatkan Kualitas SDM Arpusda Melawi Gelar Bimtek Pengelola Perpustakaan

159 views

MELAWI, SKR.COM – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelola Perpustakaan tahun 2019, Kamis (16/5) di salah satu Hotel di Sidomulyo Nanga Pinoh.

Menghadirkan pemateri dari Arpusda Pemprov Kalbar, Erwin Sitorus, S.Sos dan dari Arpusda Melawi. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan pembinaan pada pengelolaan perpustakaan dilingkungan Pemerintah Kabupaten

Plt Kepala Arpusda Melawi, Salim Bahrun, saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan perpustakaan sebagai sumber informasi bagi masyarakat akan berjalan dengan baik dan tentunya akan berpengaruh terhadap meningkatnya budaya baca masyarakat, apabila didukung pengelolaan dengan kualitas SDM yang berkualitas.

Ia juga menegaskan, di era digital, informasi begitu mudahnya dibuat, disebarkan dan ditelusur menyebankan ruang-ruang virtual dunia maya dipenuhi oleh banyaknya informasi, baik yang bermanfaat untuk tumbuh kembang siswa maupun yang berbahaya untuk tumbuh kembang siswa. Kondisi ini, kata Salim, mendorong siswa untuk memiliki kemampuan literasi yang baik.

“Sudah menjadi tugas Pemerintah untuk mengembangkan dan membina secara berkesinambungan semua bentuk rumah baca perpustakaan yang ada di wilayah Kabupaten Melawi,” jelasnya

Sementara itu Ketua Panitia Bimtek Pengelola Perpustakaan Arpusda Melawi tahun 2019, Vivi Suryanti, dalam laporannya mengatakan, peserta Bimtek di ikuti sebanyak 80 orang yang berasal dari Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Desa, Perpustakaan Kecamatan, Perpustakaan Rumah Ibadah, Taman Baca Masyarakat dan bentuk rumah perpustakaan lainnya.

Ia menjelaskan bahwa Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya para pengelola perpustakaan di Kabupaten Melawi.

Dengan dilaksanakan Bimtek tersebut Ia berharap, pengelola perpustakaan di Kabupaten Melawi dapat mengelola perpustakaan dengan baik hingga memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat pembaca.

“Salah satu tugas kami adalah pembinaan perpustakaan dan taman baca masyarakat di Kabupaten Melawi, dan dikembangkan secara terus menerus,” papar wanita yang juga sebagai Kasi Pembinaan dan Pengawasan Sistem Perpustakaan Arpusda Melawi itu. (DI)

Posting Terkait