Wabup Sintang Buka Seleksi Tilawatil Qur’an

SINTANG, SKR.COM – Kabupaten Sintang harus mampu meraih hasil maksimal bahkan juara umum pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-26 tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2016 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kubu Raya.

Bahkan Sintang ke depannya bisa menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ Tingkat Propinsi Kalbar. Demikian disampaikan Wakil Bupati Sintang Askiman saat Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXIII Tingkat Kabupaten Sintang Tahun 2016 di Gedung Pancasila pada Selasa, 22 Maret 2016.

“Dalam kehidupan beragama di Kabupaten Sintang, Saya mengajak kita semua untuk saling menghargai dan menjaga toleransi, supaya kita bisa bersama-sama mewujudkan Kabupaten Sintang yang adil dan harmonis sebagaimana visi Pemkab Sintang 2016-2021. Saya ingin nilai-nilai mulia Al-Quran kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita selalu ditegur dan diingatkan untuk tidak melanggar ajaran agama, moral dan etika” terang Askiman.

“Sintang sedang dalam keadaan darurat narkoba dan pergaulan bebas. Saya percaya pemberantasan narkoba dan menangkal pergaulan bebas, akan lebih efektif melalui pendidikan keagamaan yang kuat” tegas Askiman.
Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Sintang HM. Yusuf menjelaskan seleksi tilawatil Qur’an harus mampu memacu umat Islam untuk mendalami isi Al-Quran.

“Selain itu, STQ juga harus mampu memilih peserta yang akan mewakili Kabupaten Sintang untuk mengikuti MTQ Tingkat Propinsi Kalbar di Kubu Raya. Saya beharap STQ ini mampu memilih qori-qoriah dan hafiz-hafizah yang handal dan berkualitas” harap HM Yusuf.

“kafilah yang mengikuti STQ ini sebanyak 125 orang yang berasal dari 14 kecamatan se Kabupaten Sintang. Sebagai informasi, Sintang pernah meraih juara di tingkat internasional cabang tilawah di Brunai Darusalam pada tahun 2013, juara dua nasional cabang tartil Al-Quran di Ambon tahun 2013 dan juara 1 nasional seleksi tilawatil Quran” terang HM Yusuf.

Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang H. Eksan mengajak agar seluruh keluarga Islam menghiasai rumah dengan Al-Quran dan mewarnai kehidupan dengan ajaran Al-Quran.

“Seleksi Tilawatil Quran harus mampu memilih orang yang siap mengharumkan nama daerah di tingkat Propinsi Kalbar. Kementerian Agama Propinsi Kalbar memiliki program peningkatan qori dan qoriah pada April 2016 di Pontianak” terang H. Eksan. (Hms)

Posting Terkait