Presiden Jokowi Tanam Pohon Bersama Masyarakat Sintang

SINTANG, SKR.COM – Mengakhiri kunjungan kerjanya di Sintang, Kalimantan Barat. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melakukan penanaman pohon bersama masyarakat di Kelurahan Kedabang, Kecamatan Sintang.

“Pada hari ini saya datang berkunjung ke Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, dalam rangka penanaman pohon untuk pemulihan lingkungan di bekas-bekas tambang yang ada di Provinsi Kalimantan Barat,” ucap Presiden Jokowi kepada media, Rabu 8 Desember 2021.

Presiden Jokowi mengatakan penanaman pohon ini juga akan dilanjutkan di beberapa provinsi-provinsi yang lain.

“Kita tahu, ini adalah bekas pertambangan emas, kira-kira tahun 1990-an, kemudian tadi kita telah menanam pohon, baik itu buah-buahan dan spesies-spesies yang lainnya. Sehingga diharapkan dengan penanamam pohon ini tadi, pemulihan lingkungan, utamanya di catchment-catchment area di daerah tangkapan-tangkapan air, didaerah tangkapan hujan dapat pulih kembali,” harapnya.

Presiden dua periode ini juga menyebut aliran sungai kapuas, maupun sungai melawi didaerah perhuluannya banyak yang rusak. Karena hal-hal yang berkaitan dengan pertambangan dan juga kerusakan hutan karena perkebunan.

“Kita harapkan ini akan dimulai juga di tempat yang lain, sehingga perbaikan lingkungan untuk bekas tambang betul-betul bisa kita kerjakan dengan baik, Untuk di sungai kapuas, kita akan membangun persemaian dalam rangka penanaman kembali hutan-hutan kita yang rusak,” pungkasnya. (Fr)

Posting Terkait