Gelar Guru Inspiratif, Dedikasi PKPU Human Initiative bagi Pendidik di HUT Balikpapan

BALIKPAPAN, SKR.COM – Setiap orang tua ingin memberikan yang terbaik kepada anak – anaknya sehingga ia dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Pertumbungan dan perkembangan anak dengan baik tidak akan mungkin dapat di wujudkan tanpa adanya pendidikan.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk pemberian rangsangan pendidikan. Kehadiran PAUD membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Hal inilah yang melatarbelakangi PKPU Human Initiative Kaltim dalam mendukung peningkatan kualitas PAUD di Balikpapan dengan menggelar Pelatihan Guru Inspiratif bertema “Pelayanan Prima dalam Kepengasuhan Anak Menuju Sekolah Unggul”.

Pelatihan Guru ini menjadi dedikasi bagi pendidik dalam rangkaian peringatan kota Balikpapan yang ke 122 tahun (seratus dua puluh dua). Bertempat di Ballroom Hotel Mega Lestari Balikpapan, kegiatan terlaksana selama dua hari yaitu 11 – 12 Februari 2019, diikuti sebanyak 135 orang dari guru RA, TK dan PAUD yang ada di kota Balikpapan. Turut hadir Kepala Cabang PKPU HI Kaltim Hidayatullah, Perwakilan Dinas Pendidikan Kota Prapto dan Trainer asal Yogyakarta Muksin S.Sos.I.

Kak Muksin, sapaan akrab dalam training ini, berbagi tips dan trik dalam mewujudkan pelayanan terbaik di PAUD. Materi dikemas dalam 3 sesi dimulai dari strategi layanan dan kepengasuhan, public speaking dan workshop alat peraga edukatif. Guru diajak untuk kreatif dalam menarik minat anak – anak untuk bisa senang belajar dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Suasana pelatihan diciptakan menyenangkan dengan aneka tepuk, gerak dan nyanyian sebagai gambaran penciptaan pembelajaran untuk diterapkan saat di sekolah.

Kepala Cabang PKPU Human Initiative Kaltim Hidayatullah dalam sambutannya berbangga dapat memberikan persembahan bagi pendidik, “ Diselenggarakannya program Guru Inspiratif ini menjadi persembahan kami bagi pendidikan di HUT Kota Balikpapan. Semoga dengan pelatihan ini para guru menjadi lebih kreatif dalam mendidik anak – anak menjadi pribadi yang berkarakter di masa depan sejalan dengan peningkatan kualitas lembaga PAUD di kota tercinta”.

Senada dengan Hidayatullah , Prapto dari Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan mengapreasiasi program pelatihan guru inspiratif yang dilaksanakan oleh PKPU. “ Semoga para guru bisa mengikuti pelatihan dengan baik dan memberikan pendidikan terbaik bagi anak – anak murid,” ungkapnya.

Siti Husaini salah satu peserta asal PAUD Bunda Aini mengaku berkesan dengan kegiatan pelatihan guru yang diadakan “Acaranya sangat kreatif, menginspirasi, dan bermanfaat. Semoga kedepannya PKPU Human Initiative bisa sering menyelenggarakan pelatihan – pelatihan seperti ini” ungkapnya.(Rilis)

Posting Terkait