Cegah DBD, Mulailah dari Diri Sendiri

SINTANG, SKR – Anggota DPRD Sintang, Jhon Xifli mengatakan bahwa untuk mencegah Demam Berdarah Dengue atau DBD, kesadaran pribadi sangat penting. Terutama dalam hal menjaga kebersihan di rumah masing-masing. Jika menjaga kebersihan itu sudah dimulai dari pribadi maka DBD bisa dicegah.

“merebaknya DBD memang tidak terlepas dari kebersihan lingkungan. Apalagi jika banyak terdapat genangan, parit maupun botol-botol bekas yang terbuka. Kondisi ini membuat nyamuk mudah berkembang baik. Yang pada akhirnya akan menularkan DBD. Makanya, sekali lagi saya sampaikan bahwa cara efektif untuk mencegah DBD itu dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Mulailah dari diri sendiri dan rumah masing-masing. Kalau lingkungan bersih dan sehat, maka potensi penularan DBD bisa diminimalisir,” ujarnya.

Selain itu, kata Jhon Xifli, dirinya juga mendorong agar pemerintah tanggap merespon tingginya kasus DBD. Bisa dengan mengeluarkan surat edaran atau menetapkan status kejadian luar biasa atau KLB DBD. “apapun itu kalau itu mencegah DBD kita dukung. Tingginya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Sintang harus jadi perhatian serius semua pihak,” ujarnya.

“Nah, untuk mencegah DBD yang kian meresahkan saya mengajak masyarakat untuk melakukan 3M Plus. program 3M plus ini pada dasarnya sangat sederhana dan mudah dilakukan. Pertama menguras dan membersihkan tempat tempat penampungan air secara rutin. Kedua Menutup rapat-rapat tempat penampungan air. Ketita mendaur ulang atau memanfaatkan barang-barang yang dapat menampung air hujan. Plus, mencegah gigitan dan perkembangbiakan nyamuk. Kalau program 3M plus ini dilakukan oleh masyarakat secara bersama-sama, saya yakin DBD dapat kita cegah,” pungkasnya.

 

 

Posting Terkait