Jaga Adat Istiadat

Florensius Ronny

SINTANG, SKR – Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny mengajak semua masyarakat untuk terus menjaga adat istiadat warisan leluhur. Ini penting agar adat istiadat tidak dimakan zaman.

“Ayo semua masyarakat untuk selalu menjaga adat istiadat warisan leluhur. Agar anak cucu kedepan tetap bisa melihat kearifan lokal yang ada dan memaknai maknanya agar bisa diteladani dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Mari kita semua menjaga dan melestarikan adat istiadat masing-masing. Jangan sampai perkembangan zaman membuat kita melupakan akar dan adat istiadat. Kalau bukan kita siapa lagi yang harus menjaga adat dan budaya. Kalau tidak sekarang kapan lagi, yok menjaga bersama adat kita,” ajak Ronny.

Sementara itu, beberap waktu lalu Florensius Ronny menghadiri peresmian Rumah Adat Desa Nanga Tanggoi, Kecamatan Serawai. Dikesempatan itu, Ronny mengaku bahagia bisa bertemu dan mendengarkan cerita-cerita saudara kepala desa Nanga Tangoi Kecamatan Serawai. Kemudian bersama seluruh masyarakat Desa Nanga Tangoi Kecamatan Serawai meresmikan rumah adatnya. Ia juga mengucapkan selamat atas peresmian rumah adat Desa Nanga Tanggoi.

Menurutnya, rumah itu tempat kita bernaung, semua anggota keluarga berkumpul di sana saat-saat penting, untuk membahas cara memajukan ekonomi dan martabat keluarga.

“Begitu juga rumah adat ini akan menjadi tempat bersejarah bagi para warga Desa Nanga Tanggoi karena akan ada banyak keputusan penting dimusyawarahkan dan dibuat di sini. masyarakat Adat merupakan komunitas milik kita bersama yang merupakan bagian dari warisan nenek moyang turun temurun. Kebersamaan dan perpaduan budaya yang menimbulkan banyak hal baik ini semoga bisa terus berlanjut di masa-masa mendatang untuk menyiapkan Indonesia Emas,” ujar Ronny.

Posting Terkait