Wabup Sekadau Buka PSDBDK di Jogja

JOGYAKARTA, SKR.COM – Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH, M.Si didampingi Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sekadau, Ny. Vixima Heri Supriyanti, A.Md membuka secara resmi Pesta Seni dan Budaya Dayak Se-Kalimantan (PSBDK) yang dipusatkan di pusat kebudayaan Koesnadi Hardja Soemantri Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada Rabu 2 November 2016 lalu.

Ikut hadir dalam pembukaan PSBDK itu ketua, wakil ketua dan anggota DPRD kabupaten sekadau, wakil Bupati Bengkayang, pejabat yang mewakili Kapolda DIY, kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau, Ketua dan anggota DAD Kabupaten Sekadau serta pejabat pengelola taman budaya provinsi Kalimantan Barat.

Selain membuka PSBDK wakil bupati Aloysius juga melepas peserta pawai budaya yang terdiri dari berbagai kabupaten/kota se-Kalimantan. Pelepasan pawai budaya dilakukan pada sore hari sekitar pukul 15.00 wib di lingkungan kampus universitas gadjah mada.

Pembukaan Acara PSBDK didahului dengan prosesi  adat dayak mualang. Wakil Bupati sekadau dan beberapa tamu kehormatan dikalungi bunga oleh panitia sebagai tanda penghormatan. Wakil bupati sekadau Aloysius didaulatkan untuk memancong buluh muda dan injak telur.

Untuk menuju kemimbar acara wakil bupati dan rombongan diring iringi dengan tariat adat dayak dari sanggar pangsuma empagu yang didatangkan langsung dari sekadau. Suasananya begitu meriah, semua mata orang yang melewati komplek UGM tertuju pada kegiatan pentas seni mahasiswa dayak ini.

Laporan ketua panitia dwi pranata lia mengatakan kegiatan PSBDK dilaksanakan dari tanggal 2-5 November 2016.

Dilanjutkan dwi Kegiatan yang akan dilakukan pada 2 – 5 November 2016 itu akan dimeriahkan berbagai organisasi mahasiswa dan pelajar Dayak se-kalimantan.

“Dalam Pesta seni dan budaya kali ini mahasiswa Kabupaten Sekadau yang menjadi tuan rumah atau panitia. Terima kasih kepada sekber yang sudah memberikan kesempatan kepada kami  untuk menjadi panitia penyelenggara kegiatan ini. ini dalam rangka mengenalkan sekadau ke masyarakat luar, pihak lokal. Sehingga bisa pihak investor. Dan juga kita sekadau dengan kreativitasnya semakin baik agar bisa go internasional,”pungkasnya

Sementara itu wakil bupati sekadau dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah istimewa yogyakarta yang sudah membantu memfasilitasi kegiatan pentas seni mahasiswa dayak se kalimantan ini. Wakil Bupati juga mengatakan pemerintah kabupaten sekadau sangat mendukung sepenuhnya kegiatan psbdk ini.

“Kita dukung penuh kegiatan psbdk mahasiswa ini, kedepan semoga bisa lebih baik lagi dalam rangka kita melestarikan adat dan istiadat kita sebagai orang dayak,”paparnya.

Wakil bupati sekadau juga pada kesempatan itu berpesan kepada mahasiswa asal kabupaten sekadau supaya serius dan betul betul belajar sehingga cepat selesai kuliah, cepat kembali daerah dan bisa membangun daerahnya masing-masing sesuai dengan bakat dan talentanya.

“Jangan mengecewakan orang tua, betul betullah belajar, cepat selesai cepat kembali ke daerah dan bisa membangun daerahnya masing masing” pesan wakil bupati.

Pembukaan PSBDK ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 7 kali oleh wakil bupati sekadau. Usai membuka psbdk dilanjutkan dengan pembukaan stand pameran oleh ketua GOW kabupaten sekadau yang ditandai dengan pengguntingan pita.

Usai membuka stand pameran, wakil bupati dan seluruh tamu undangan meninjau stand pameran mahasiswa se-kalimantan yang bejumlah kurang lebih 20 stand itu. (Benny/Humas Pemkab Sekadau)

Posting Terkait